Wednesday, September 13, 2023

YUDI HARYANTO-CGP ANGKATAN 8-3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi Modul 3.1-SMAN 8 TAMBUN SELATAN

YUDI HARYANTO 
CGP ANGKATAN 8 KAB. BEKASI 
SMAN 8 TAMBUN SELATAN

Tujuan Pembelajaran Khusus : 

CGP mampu menganalisis pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, serta 9 langkah pengambilan dan  pengujian keputusan dalam studi kasus yang mereka dapatkan dan memberi tanggapan pada studi kasus CGP lainnya dan bersikap reflektif, kritis, dan kreatif dalam proses tersebut.



 Pak Frans merupakan guru matematika di SMP Karunia. Pak Frans dikenal sebagai guru yang rajin, ramah, penyabar, dan disukai murid-muridnya. Suatu hari ia sedang mengajar di kelas 8A, guru piket tergopoh-gopoh tiba di depan kelasnya dan mengatakan ada ayahnya Andreas, salah satu murid di kelas 8A di ruang tamu sekolah. Guru piket mengatakan pada pak Frans bahwa ayahnya Andreas ingin menjemput Andreas dan memintanya untuk membantunya bekerja di ladang. Ia juga mengatakan bahwa ayah Andreas datang sambil marah-marah bahkan mengacung-acungkan parang.  Pak Frans pun memanggil Andreas dan mengatakan bahwa ia dijemput ayahnya pulang. Andreas langsung memohon sambil menangis agar Pak Frans tidak mengizinkan ia pulang bersama ayahnya. Andreas berkata ia ingin belajar di sekolah dan ia takut dimarah-marahi oleh ayahnya bila membantu ayahnya di ladang, bila melakukan kesalahan sedikit saja.  Pak Frans bimbang, antara memenuhi permintaan Andreas atau tidak.  Dalam situasi dan kondisi seperti itu, akhirnya Pak Frans memutuskan untuk membawa Andreas ke ruang kepala sekolah, dan meminta saran dari kepala sekolah.  Bila Anda adalah kepala sekolahnya, saran apa yang akan anda berikan pada Pak Frans, dan apa alasannya?

Dalam masalah tersebut bahwa Guru piket mengatakan pada pak Frans bahwa ayahnya Andreas ingin menjemput Andreas dan memintanya untuk membantunya bekerja di ladang.Pak Frans pun memanggil Andreas dan mengatakan bahwa ia dijemput ayahnya pulang.
Dalam situasi dan kondisi seperti itu, akhirnya Pak Frans memutuskan untuk membawa Andreas ke ruang kepala sekolah, dan meminta saran dari kepala sekolah.

proses analisa saya dalam kasus ini dengan melihat beberapa langkah panduan .

Berikut ini panduan untuk melakukan analisis studi kasus:

  1. Jika situasinya adalah situasi dilema etika, paradigma mana yang terjadi pada situasi tersebut? Apa nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut?
  2. Apakah ada unsur pelanggaran hukum dalam situasi tersebut? (Uji legal).
  3. Apakah ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam kasus tersebut? (Uji regulasi).
  4. Berdasarkan perasaan dan intuisi Anda, apakah ada yang salah dalam situasi ini? (Uji intuisi).
  5. Apa yang Anda rasakan bila keputusan Anda dipublikasikan di media cetak/elektronik atau menjadi viral di media sosial? Apakah Anda merasa nyaman?
  6. Kira-kira, apa keputusan yang akan diambil oleh panutan/idola Anda dalam situasi ini?
  7. Apakah ada sebuah penyelesaian yang kreatif dan  tidak terpikir sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ini (Investigasi Opsi Trilemma)?
  8. Apa keputusan yang Anda ambil?
  9. Prinsip mana yang  Anda gunakan, dan mengapa?                                                             PERTANYAAN 1

    Jika situasinya adalah situasi dilema etika, paradigma manayang terjadi pada situasi tersebut? Apa nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut?

    Paradigma yang terjadi pada kasus tersebut adalah keadilan lawan rasa kasihan,dan nilai-nilai yang saling bertentangan dalam kasus tersebut adalah tanggung jawab dan
    kedisiplinan.

    PERTANYAAN 2

    Apakah ada unsur pelanggaran hukum dalam situasi tersebut? (Uji legal).
    Dalam situasi kasus tersebut tidak ada unsur pelanggaran hukum.Namun terdapat pelanggaran hak asasi manusia tentang pendidikan seperti yang dialami Andreas dalam kasus tersebut "masih sekolah namun dijemput ayahnya untuk membantunya bekerja diladang."

    ERTANYAAN 3

    Apakah ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam kasus
    tersebut? (Uji regulasi).

    Dalam kasus tersebut terdapat pelanggaran peraturan atau kode etik
    profesi yaitu Ayah andreas datang kesekolah dengan marah-marah,mengacungkan parang untuk mengajak Andreas pulang. Sebagai wali murid seharusnya ayahnya Adreas tidak melakukan hal tersebut,jika berkunjung ke sekolah harus dengan baik dan sopan serta ketika berbicara dengan guru harus dengan tutur kata yang sopan tentang maksud dan tujuannya datang kesekolah.

    PERTANYAAN 4

    Berdasarkan perasaan dan intuisi Anda, apakah ada yang salah dalam situasi ini? (Uji intuisi).

    Menurut saya situasi yang salah dalam kasus tersebut adalah:Menjemput anak belum waktunya pulang,datang ke sekolah dengan marah-marah dan mengacungkan parang,
    serta tidak memberikan anak waktu untuk belajar ,namun dipaksa untuk membantunya bekerja,padahal anak tersebut dalan keadaan masih belajar.

    PERTANYAAN 5

    Apa yang Anda rasakan bila keputusan Andadipublikasikan di media cetak/elektronik atau menjadi viral di media sosial? Apakah Anda merasa nyaman?
    Jika keputusan saya ini akan diviralkan saya siap dan tidak mempermasalahkan hal itu, karna keputusan yang saya ambil memiliki latar belakang yang baik.

    PERTANYAAN 6

    Kira-kira, apa keputusan yang akan diambil oleh panutan/idola Anda dalam situasi ini?

    Dalam situasi ini keputusan yang akan diambil oleh panutan saya/idola saya adalah akan melakukan hal yang sama dengan yang saya lakukan.

    PERTANYAAN 7

    Apakah ada sebuah penyelesaian yang kreatif dan tidak
    terpikir sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ini

    (Investigasi Opsi Trilemma)?

    Menurut pemikiran saya,melihat karakter dari ayahnya andreas,untuk solusi
    permasalahan kasus ini bisa juga dengan melakukan musyawarah dengan ayahnya
    andreas untuk mencari solusi atas permasalahan andreas atau dengan melakukan
    kegiatan "Choaching dengan Alur Tirta"dimana pemasalahan tersebut berasal dari
    coachee (ayah Andreas) yang tidak mengizinkan anaknya untuk belajar namun disuruh
    membantunya bekerja,dan solusinya juga dari coachee itu sendiri.Jadi kesannya tidak mengguruinya.

    PERTANYAAN 8

    Apa keputusan yang anda ambil ?

    Keputusan yang saya ambil atas permasalahan tersebut adalah:

    1. Mengajak ayahnya andreas bermusyawarah untuk mengizinkan andreas
    belajar terlebih dahulu sampai waktu pulang sekolah.
    2. Mengizinkan andreas untuk kembali belajar dikelas.
    3. Menanamkan kepada andreas sikap sayang dan rasa hormat terhadap orang
    tuanya.

    PERTANYAAN 9

    Prinsip mana yang Anda gunakan, dan mengapa?

    Prinsip yang saya gunakan adalah Berpikir serta Berbasis peraturan karena untuk
    membuat suatu keputusan  yang harus berdasarkan peraturan yang dibuat.Seorang guru itu adalah orang yang berani mengajar dengan tidak berhenti belajar ,berperan penuh perpusat pada murid.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home